Kamis, 11 Desember 2008

komunikasi ilmu yang menarik



Pada awalnya saya pun tak begitu tertarik pada ilmu komunikasi, karena dulunya saya ingin masuk teknik infomatika, tapi memang bukan keberuntungan saya, akhirnya saya pun memilih pil k dua untuk masuk ilmu komunikasi, banyak teman saya yang mengatakan saya cocok di komunikasi, karena saya sangat suka berbicara, hahaha. Mungkin sudah menjadi hobi saya bercanda gurau sama teman-teman sehingga saya dibilang cocok masuk komunikasi.

Apa benar Ilmu konunikasi jadi trend skrg?

Komunikasi bukan lah suatu trend dikalangan masyarakat, tetapi mungkin masyarakt sudah menyadari bahwa belajar komunikasi itu sangat lah penting. Bahkan semua jurusan pun kalau tidak adanya komunikasi mungkin kah bisa berkembang ? =p .

Lalu bagi orang orang awam yang blm tau manfaat komununikasi mungkin bisa bertanya seperti ini :


“buat apa kita belajar komunikasi ? bukannya kita udah bisa komunikasi dari kecil?” Mungkin itu yang jadi pertanyaan orang-orang yang awam tehadap komunikasi. Banyak yang menanyakan buat apa kita belajar komunikasi . sebenernya belajar komunikasi itu penting, dan iya kita sudah bisa berkomunikasi dari sejak kecil. Tapi apakah kita tau makna kita berkomunikasi itu apa? Nah di ilmu komunikasi lah kita diajarkan mengetahui makna dari sebuah komunikasi yang kita lakukan. Mengatur tutur bahasa yang kita gunakan terhadap semua orang, agar seseorang bisa mempunyai pemahaman makna yang sama dengan pesan komunikasi yang kita sampaikan.


Mungkin saya bakal ngulas dikit dulu tentang komunikasi itu sendiri :

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.


Di ilmu komunikasi kita bisa belajar berkomunikasi dengan baik dengan semua orang, dengan latar sosial , budaya , agama , pendidikan ,karakteristik seseorang yang berbeda-beda dengan satu tujuan untuk mempunyai pemahan yang serupa agar tidak adanya kesalah pahaman. Kita bisa mengatur tutur bahasa kita dengan bawahan atau atasan kita dikantor, antara teman-teman dikampus dan di rumah, mungkin mereka pun mempunya suatu pemahaman yang berbeda-beda sehingga ilmu komunikasi mulai dipergunakan sebagai ilmu dasar kita untuk berkomunikasi.
Nah di ilmu komunikasi kita pun diajarkan untuk menjadi seseorang yang bertanggung jawab, pemberani ( percaya diri) dan juga memudahkan kita untuk bersosialisasi dengan siapapun. Tak hanya itu yang kita dapatkan, di ilmu komunikasi pun kita diajarkan bagaimana menjadi seorang jurnalistik yang baik, menjadi seorang broadcaster yang handal, menjadi public relation yang mudah bersosialisasi, dan berbagai ilmu menarik lainnya yang kita dapatkan disini.
Kamu mau jadi seorang komunikator yang baik ? kenapa ga masuk komunikasi.=p

8 komentar:

rini rini dan rini mengatakan...

iaaah hidup ilmu komunikasi !!!

qt semua manusia pzti gbz lepas dr yg namanya komunikasi .

maknya bner" penting .

go ikom B ikom B .hehehe

C.B.M.A.H mengatakan...

Manusia Tanpa Komunikasi Ga bisa Idup..hahahah...Talk is important...heheh....

Thearra Adam M mengatakan...

yaaa betulll bgtt
komunikasi udahh kaya makanann sehari hari kita.
jadii tanpa komunikasi kita ga bisa idup.........

go kumunikasi. *hahahha

Ngga' Space mengatakan...

betul bgt dahh.
komunikasii bener benerr kita butuhin abis. haaaaa
mau jurusan mana aja. tapi ga pandai komunikasi kan percuma *hahahha

Rindenk mengatakan...

Hm..
Taw ga?
Ad satu hal yg hrs km banggain d dunia ini,
yaitu when u can make someone talk to u.. Aplgi saat ngomongin masalah privacy nya,
hm.. Km dah d anggap jd bag dr drinya,
tau knapa dya pcay pdamu?Itu krna km bs brkomunikasi dgn baik,,
ga cmn asal ngomong dsitu km hrs berempati brsimpati& be like a human being.. Brlaku sprti manusia yg memang mbutuhkan manusia lain di dunia ini..
U mengungkapkn smuanya hrs ad jalanya,yup bner yaitu dgn komunikasi.
Yakin deh ilmu ini pnting bngt,
dsmua cab.Ilmu komunikasi memang d prlukan,bukti misal d tempatku anamnesis ato brkomunikasi dgn pasien udah 60% menentukan suatu diagnosis yg tepat.
Klo d bahas lbh dalem..
Komunikasi itu asyik bngt lah..
Siip siip sukses emild..

Anonim mengatakan...

ilmu komunikasi..
penting.

buat berinteraksi sesama manusia..

qta ajja klo berdoa berkomunikasi pke doa" n curhat"an kita..

iya gaa?
heheh.

icha egen

*smangat sdarakuu..

intheri9hts1d3 mengatakan...

emh!

jgn dah mil,,jgn ambil informatika. pa lagi informatikanya TELKOM.

temen kk gw ajja adda yg g kuat pe jedot2in palanya..

mau lo??

haha!

pcaya?????

pkonya g nysel de lo ambil komunikasi tlkom,,pa lg ikom B..adda gw lg.haha!

keyboardstillthesame mengatakan...

nice word !!
GOOD JOB !!

comment baliknya. trz di follow jg.
piss ahh